Home » » Memperbaiki mesin pompa air tidak bisa menghisap

Memperbaiki mesin pompa air tidak bisa menghisap

Posted by Service Pompa

Tidak bisa menyedot atau menghisap merupakan masalah pada mesin pompa air yang paling umum terjadi dan merupakan persoalan yang sangat kompleks. Mengatasi hal ini memerlukan penanganan yang tepat serta membutuhkan pengalaman khusus karena dalam melakukan analisa terhadap problem mesin pompa air tidak semudah ketika memasang pompa yang baru.

Banyak faktor yang menjadi pemicu masalah kenapa mesin pompa air tidak kuat menyedot atau daya hisap lemah dan tentu saja meskipun mesin pompa hidup atau menyala normal namun air tidak akan pernah bisa keluar.

Mengatasi dan langkah perbaikan pompa tidak kuat menghisap

Berikut ini ada beberapa tahap pemeriksaan yang dapat dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah mesin pompa macet tidak mampu menghisap air dengan tahap tahap yang tepat agar langkah kerja yang anda lakukan lebih optimal dan efisien.

Memastikan pemasangan pipa hisap sudah benar

Ini merupakan satu hal yang paling sering menjadi pokok dan sumber persoalan pada mesin pompa yang tidak dapat menyedot air. Pemasangan pipa hisap harus benar benar tersambung dengan rapat tidak ada indikasi nanti akan terdapat kebocoran sedikitpun meskipun hanya berupa rembasan atau tetesan. Secara teknis jika pipa terdapat kebocoran maka daya vakum pompa akan melemah bahkan hilang sehingga kemampuan menghisap air menjadi tidak ada sama sekali.

Sebagai simulasi adalah ketika anda memakai sebuah sedotan dan terdapat lubang pada sisinya maka sekuat apapun anda menghisap air maka tarikan air tidak akan dapat optimal sebab ruang di dalam sedotan tidak mampu vakum dan justru udara luar yang akan terhisap.

Masih ada satu hal yang menjadi persoalan pada pemasangan pipa hisap yaitu pastikan posisi pompa berada pada elevasi di atas kedudukan pipa. Artinya meskipun ada lekukan pipa jangan sampai ada yang melewati ketinggian posisi mesin pompa diletakkan. Perhatikan gambar berikut ini:
Pemasangan-pipa-hisap-pompa

Perhatikan spesifikasi pompa terhadap kondisi sumur

Berikutnya yang juga tidak kalah penting sebagai analisa apa penyebab mesin pompa menjadi sangat lemah dan kurang kuat menyedot air. Setiap mesin pompa memiliki spek standart dimana hal ini untuk memberikan ukuran maksimum tentang berapa kekuatan atau daya hisap pompa sesuai dengan sumber air yang akan disedot.
Untuk jenis jetpump umumnya memiliki daya hisap sedalam 30 meter dan jika pipa hisap dipasang melebihi kedalaman tersebut maka kemungkinan juga akan mengalami kegagalan untuk menghisap air secara optimal. Sedangkan untuk type pompa sumur dangkal maksimal adalah berdaya hisap sedalam 9 meter maka sebaiknya panjang pipa hisap mulai dari ujung foot valve (tusen klep) adalah kurang dari 9 meter.
Dari kedua analisa di atas hanya terbatas pada masalah pompa yang tidak bisa menghisap khususnya untuk pemasangan unit pompa baru. Sedangkan untuk mesin pompa yang sudah pernah beroperasi dengan normal sebelumnya dan dalam rentang waktu tertentu mengalami persoalan tidak bisa menyedot atau macet, maka analisa pemeriksaan akan lebih kompleks lagi.

Desebabkan bahwa untuk pompa lama sudah pasti akan banyak faktor yang mempengaruhi seperti, kondisi mesin apakah masih normal, apakah tidak terdapat endapan yang menyumbat pipa, apakah suplai listrik tidak terjadi gangguan tegangan menurun sehingga mesin pompa menjadi lemah.

Untuk memberikan uraian lebih detail dan lengkap tentang berbagai persoalan memperbaiki mesin pompa air tidak kuat menyedot, maka pada pembahasan berikutnya akan kami tulis poin demi poin agar lebih mudah dipahami serta bisa memberikan panduan yang lebih spesifik dalam penanganan masalah pompa air anda. Terimaksih sudah berkunjung di http://pompasumur.blogspot.com/.


0 komentar:

Posting Komentar