Home » » Debit air pompa sangat lemah dan mengalir kecil

Debit air pompa sangat lemah dan mengalir kecil

Posted by Service Pompa

Mengalami persoalan pompa air yang mengeluarkan debit sangat lemah dan mengalir kecil tentu saja sangat meresahkan ketika kita tidak dapat menunda lagi kebutuhan air yang mendesak. Kenapa mesin pompa air bisa menjadi sangat lemah? Hal ini dipengaruhi oleh faktor faktor yang saling berkaitan dan memerlukan analisa yang tepat untuk mengatasinya.

Kondisi debit pompa air yang sangat lemah dapat terjadi pada pemasangan unit mesin baru ataupun yang sudah beroperasi pada waktu yang lama. Dalam artikel ini akan kami ulas cara mengatasi serta solusi penanganan yang tepat tahap demi tahapnya agar langkah kerja anda berjalan lebih efisien. Di kutip dari artikel cara meningkatkan daya hisap pompa air.

Solusi pompa air mengalir kecil dan lemah 

Pompa-air-mengalir-kecil-lemah
Pada initinya mengatasi masalah ini adalah dengan menemukan sumber penyebab yang mengakibatkan debit pompa air anda menjadi kecil dan melemah. Barulah selanjutnya kita dapat mengambil tindakan dan kputusan bagaimana cara memperbaikinya. Berikut adalah beberapa analisa serta solusi penyelesaiannya.

Koreksi spek mesin pompa

Ini adalah poin yang seringkali terlupakan dan kurang diperhatikan. Semestinya tahap ini dilakukan jauh sebelum membeli dan memasang unit mesin pompa yaitu memastikan bahwa spesifikasi pompa air yang sudah dipilih tepat sesuai dengan kondisi sumber air. Misalkan sumur kedalaman 20 meter sudah tentu memerlukan pompa jenis jetpump dan tidak akan bisa dipaksakan menggunakan type pompa sumur dangkal.

Jika memang sudah terlanjur salah beli, memang pompa sumur dangkal yang aslinya untuk daya hisap maksimal 9 meter tetap saja dapat dipasng pada sumur lebih dari 9 meter dengan sedikit memanipulasi ukuran pipa hisapnya. Namun untuk jangka panjang kinerja pompa sudah pasti akan melemah serta hasil debit air yang dihisap akan kecil juga.

Periksa motor (dinamo) mesin pompa

Penyebab pompa air menjadi lemah berikutnya adalah masalah motor atau dinamo mesin yang sudah tidak mampu bekerja secara optimal.

Seringkali yang menjadi penyebab dinamo mesin pompa soak adalah overheating atau beban panas yang berlebihan karena mesin pompa yang sering bekerja dalam durasi yang lama atau bisa juga mesin penah mengalami kekeringan dan beroperasi tanpa adanya air.

Impeler cacat atau ada kotoran 

Memeriksa bagian ini sebenarnya cukup mudah yaitu dengan membuka bagian tabung ruang impeler mesin pompa untuk melihat apakah ada material yang tersangkut sehingga menyebabkan daya hisap mesin pompa menjadi menurun atau lemah.

Selain itu juga untuk memastikan bahwa kondisi impeler masih layak tidak ada tanda tanda cacat karena jika ada cacat sedikit saja sudah tentu secara teknis daya atau kemampuan mesin pompa untuk menyedot air menjadi kurang oprimal.

Kondisi sumber air 

Ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan pemeriksaan ketika mendapati mesin pompa air anda tiba tiba melemah dan air mengalir sangat kecil.

Pada kasus tertentu ada persoalan air sumur yang awalnya jernih dan lancar disedot dengan mesin pompa air kemudian selang beberapa bulan berubah menjadi keruh dan debit mesin pompa menjadi berkurang. Ini merupakan tanda bahwa sumur anda mengalami endapan dan pada bagian materian yang mengendap bisa saja telah menutup ujung pipa hisap sehingga foot valve (tusen klep) terganggu meskipun belum tersumbat sepenuhnya.

Dari beberapa analisa pemeriksaan di atas merupakan upaya penanganan yang bisa kita lakukan sendiri ketika mengetahui adanya perubahan debit air mesin pompa yang semakin menurun. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semua hal tersebut dapat mengarah pada persoalan mesin pompa air tidak bisa menghisap jika masalah dibiarkan terus berlanjut.


0 komentar:

Posting Komentar